Selasa, 26 April 2016

POTRET KEHIDUPAN DESA BABUAL repiyana96

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Masyarakat pedesaan di Indonesia tergolong masyarakat yang sangat jauh tertinggal, hal ini disebabkan keberadaan wilayah yang jauh dari pusat pembangunan Nasional. Bahkan hampir tidak tersentuh oleh pembangunan Nasional. Beberapa metode dan pendekatan telah dikembangkan untuk memahami masalah dan membantu merumuskan kebijakan guna memecahkan masalah pembangunan pedesaan. Sejak tahun 1970an para pakar banyak yang memanfaatkan metode, pendekatan, dan logika berfikir survei verifikatif dalam meriset masalah sosial masyarakat pedesaan.
Masyarakat desa adalah komunitas yang tinggal di dalam satu daerah yang sama, yang bersatu dan bersama-sama, memiliki ikatan yang kuat dan sangat mempengaruhi satu sama lain. Hal ini dikarenakan pada masyarakat desa tradisi itu masih sangat kuat dan kental. Bahkan terkadang tradisi ini juga sangat mempengaruhi perkembangan desa, karena terlalu tinggi menjunjung kepercayaan nenek moyang mengakibatkan sulitnya untuk melakukan pembaharuan desa. Di sisi lain banyak hal yang mengakibatkan sebuah desa sulit untuk mengalami pembaharuan, antara lain isolasi wilayah, yaitu desa yang wilayahnya berada jauh dari pusat ekonomi daerah, desa yang mengalami ketertinggalan di bidang pembangunan jalan dan sarana-sarana lainnya, sulitnya akses dari luar, bahkan desa yang mengalami kemiskinan dan keminiman tingkat pendidikan. Pada umumnya masyarakat desa diidentikkan dengan masyarakat petani, ini dikarenakan masyarakat pedesaan dominan bermata pencaharian dari hasil pertanian yang merupakan petani-petani miskin yang mata pencahariannya di bawah garis kemiskinan. Hal ini menunjukkan kesenjangan yang sangat jauh dari masyarakat perkotaan.
1.2 Rumusan Masalah
• Bagaimana keadaan masyarakat pedesaan di Indonesia?
• Bagaimana suatu komunitas desa melakukan kegiatan bercocok tanam di Ladang ?
• Bagaimana masyarakat desa di Jawa , Madura , Bali melakukan bercocok tanam secara menetap ?
• Bagaimana mobilitas komunitas di desa
BAB II
PEMBAHASAN
A. PEMBAHASAN
Desa babual baboti kecamatan kotawaringin lama
Menurut sejumlah data yang kami dapat dari kantor desa, jumlah penduduk desa babual baboti di tahun 2015 sejumlah 1.064 jiwa sedangkan pada awal tahun 2016 pada bulan januari jumlah penduduk di desa itu mengalami penurunan, jumlah penduduk menjadi 1.056 jiwa. Jumlah laki-laki sekitar 599 jiwa sedangkat jumlah perempuan 457 jiwa.
Rincian usia dari anak balita yang berumur 3-4 tahun berjumlah sekitar 13 anak dan adapun kepercayaan yang di anut sebagian besar Hindu/kaharingan dan Kristen. Sedangkan rincian usia dari 5-6 tahun berjumlah sekitar 14 anak dan kepercayaan yang di anut yaitu Islam, Kristen, Hindu.
usia
Usia Laki-laki Perempuan Usia Laki-laki Perempuan
0-12 bulan 5 orang 3 orang 39 tahun 5 orang 3 orang
1 tahun 4 orang 5 orang 40 5 orang 3 orang
2 3 orang 4 orang 41 6 orang 3 orang
3 3 orang 5 orang 42 7 orang 4 orang
4 2 orang 4 orang 43 6 orang 3 orang
5 4 orang 5 orang 44 6 orang 4 orang
6 5 orang 4 orang 45 8 orang 6 orang
7 7 orang 4 orang 46 8 orang 3 orang
8 6 orang 3 orang 47 7 orang 4 orang
9 5 orang 3 orang 48 7 orang 3 orang
10 5 orang 2 orang 49 8 orang 4 orang
11 6 orang 3 orang 50 6 orang 3 orang
12 5 orang 2 orang 51 6 orang 3 orang
13 6 orang 3 orang 52 7 orang 3 orang
14 9 orang 4 orang 53 7 orang 3 orang
15 7 orang 4 orang 54 5 orang 2 orang
16 5 orang 2 orang 55 9 orang 5 orang
17 6 orang 3 orang 56 9 orang 7 orang
18 7 orang 3 orang 57 9 orang 8 orang
19 6 orang 5 orang 58 9 orang 5 orang
20 7 orang 4 orang 59 8 orang 6 orang
21 6 orang 4 orang 60 9 orang 5 orang
22 7 orang 5 orang 61 9 orang 4 orang
23 8 orang 5 orang 62 8 orang 6 orang
24 6 orang 3 orang 63 9 orang 6 orang
25 6 orang 3 orang 64 9 orang 5 orang
26 8 orang 3 orang 65 7 orang 2 orang
27 5 orang 4 orang 66 5 orang 1 orang
28 7 orang 4 orang 67 5 orang 2 orang
29 5 orang 3 orang 68 6 orang 3 orang
30 8 orang 5 orang 69 5 orang 2 orang
31 6 orang 5 orang 70 4 orang 2 orang
32 7 orang 5 orang 71 5 orang 2 orang
33 6 orang 3 orang 72 4 orang 3 orang
34 9 orang 5 orang 73 3 orang 2 orang
35 6 orang 4 orang 74 3 orang 2 orang
36 6 orang 3 orang 75 4 orang 3 orang
37 6 orang 3 orang Lebih dari 75
3 orang 2 orang
38 5 orang 4 orang Total 535 orang 352 orang
STRUKTUR ORGANISASI PEMERINTAH DESA BABUAL BABOTI
Adapun struktur organisasi yang di ketuai oleh bapak SURAH sebagai PJ. Kepada desa babual baboti dan sekertaris desa belum ada tetapi tetap di pegang oleh bapak SURAH sendiri selaku PJ. Kepala desa dan sekertaris desa babual baboti.
Kepala dusun di ketuai oleh bapak ICUNG dan RW.001 di ketua oleh bapak ERMUDIN, sedangkan di desa babual baboti itu memiliki 3 RT dalam 1 desa. RT .001 di ketuai oleh bapak ILAP, RT . 002 di ketuai oleh bapak UKI dan RT. 003 di ketuai oleh bapak BIAR.
PUSKESMAS / POSKESDES DESA BABUAL BABOTI
Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) adalah salah satu sarana pelayanan kesehatan masyarakat yang amat penting di Indonesia. Puskesmas adalah unit pelaksana teknis dinas kabupaten/kota yang bertanggungjawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di suatau wilayah kerja.
Jika ditinjau dari sistim pelayanan kesehatan di Desa Babual baboti, maka peranan dan kedudukan puskesmas/ poskesdes adalah sebagai ujung tombak sistim pelayanan kcsehatan di desa babual baboti. Sebagai sarana pelayanan kesehatan terdepan di Indonesia, maka Puskesmas / poskesdes bertanggungjawab dalam menyelenggarakan pelayartan kesehatan masyarakat, juga bertanggung jawab dalatn menyelenggarakan pelayanan kedokteran/kebidanan.
Dan di Desa Babual Hanya memiliki 1 tenaga kesehatan yaitu bernama bidan (sherly) beliau tinggal atau bertugas di desa babual kurang lebih selama 5 tahun.
PETA KEBERADAAN IBU HAMIL DI DESA BABUAL BABOTI
Keterangan : Hijau = ibu hamil
: Merah = ibu hamil beresiko tinggi
Letak keberadaa ibu hamil menurut tenaga kerja di puskesmas sangatlah penting di karenakan letak rumah warga yang sedikit agak berjauhan dan agar untuk mengingat tanggal dimana saat ibu bidan sherly mengecek para ibu hamil tersebut agar selalu dalam keadaan sehat sampai ibu tersebut melahirkan.
RUANGAN TEMPAT BIDAN SHERLY PRAKTEK DAN TEMPAT MEMERIKSA WARGA YANG SAKIT
KANTOR BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD)
Anggota BPD adalah wakil dari penduduk desa bersangkutan berdasarkan keterwakilan wilayah yang ditetapkan dengan cara musyawarah dan mufakat. Anggota BPD terdiri dari Ketua Rukun Warga, pemangku adat, golongan profesi, pemuka agama dan tokoh atau pemuka masyarakat lainnya. Masa jabatan anggota BPD adalah 6 tahun dan dapat diangkat/diusulkan kembali untuk 1 kali masa jabatan berikutnya. Pimpinan dan Anggota BPD tidak diperbolehkan merangkap jabatan sebagai Kepala Desa dan Perangkat Desa.
Namun untuk di desa babual baboti sendiri belum ada struktur anggota BPD dikarenakan di desa babual boti baru saja di bangun dan di perkenal kan pada masyarakat setempat tentang BPD dan gedung BPD pun baru saja di bangun dan selesai sekitar 6 bulan yang lalu sehingga untuk fasilitas pun belum ada di dalam nya.
GEDUNG PKK DESA BABUAL

Gerakan PKK merupakan Gearakan Nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah, yang pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat.
Pemberdayaan Keluarga meliputi segalau upaya Bimbingan, Pembinaan danPemberdayaan agar keluarga dapat hidup sejahtera, maju dan mandiri.
Tim Penggerak PKK adalah Mitra Kerja Pemerintah dan Organisasi Kemasyarakatan, yang berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak pada masing – masing jenjang demi terlaksananya program PKK.
Tim Penggerak PKK adalah warga masyarakat, baik laki – laki maupun perempuan, lembaga, atau instansi, dan berfungsi sebagai perencana, pelaksana, dan pengendali gerakan PKK.
FOTO KEGIATAN PENGENALAN PKK KEPADA ANGGOTA PKK BARU DI DESA BABUAL
SARANA PENDIDIKAN
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.
Dengan perkembangan zaman di dunia pendidikan yang terus berubah dengan signifikan sehingga banyak merubah pola pikir pendidik, dari pola pikir yang awam dan kaku menjadi lebih modern. Hal tersebut sangat berpengaruh dalam kemajuan pendidikan di Indonesia. Menyikapi hal tersebut pakar-pakar pendidikan mengkritisi dengan cara mengungkapkan dan teori pendidikan yang sebenarnya untuk mencapai tujuan pendidikan yang sesungguhnya.
Tujuan pendidikan adalah menciptakan seseorang yang berkwalitas dan berkarakter sehingga memiliki pandangan yang luas kedepan untuk mencapai suatu cita- cita yang di harapkan dan mampu beradaptasi secara cepat dan tepat di dalam berbagai lingkungan. Karena pendidikan itu sendiri memotivasi diri kita untuk lebih baik dalam segala aspek kehidupan.
3. PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA BABUAL BABOTI
Menurut data yang kami dapat untuk perekonomian desa babual baboti ini sebagian besar masyarakat/penduduk desa berpropesi sebagai peternak babi, petani padi, perkebunan kelapa sawit dan karet.
Perkebunan kelapa sawit dan karet
Perkebunan yang memiliki lahan sekala besar perkebunan kelapa sawit seluas 241 Ha dan sedangkan untuk perkebunan karet seluas 200 Ha.
Peternakan babi, Sistem ternak babi di desa tersebut secara lepas tidak sistem ternak kandang, dan menurut info yang kami dapat mengapa sistem ternak babi di desa tersebut sistem lepas karena berpotensi besar untuk pertumbuhan babi tersebut sedangkan sistem ternak kandang babi itu tidak bisa gemuk.
Sedangkan untuk pertanian yang ada di desa tersebut juga memiliki sebagian tanaman seperti padi dan singkong, untuk pertaniann padi memiliki luas lahan sekitar 156 Ha, dan sedangkan untuk singkong atau yang sering disebut manggala memiliki luas lahan 2 Ha sekala kecil.
BUDAYA MASYARAKAT SEKITAR DESA BABUAL BABOTI
Untuk kebudayaan masyarakat desa babual baboti yaitu ada beberapa tempat penyimpanan padi yang masih sangat tradisional yaitu rumah panggung/lumbung padi seperti yang ada pada gambar di atas.
Kegiatan tradisional yang masih di miliki masyarakat di desa tersebut yaitu menumbuk hasil panen berupa gabah kering yang siap untuk di tumbuk.
Pada gambar di atas adalah kebudayaan pemakaman yang ada di desa tersebut yang masih memiliki budaya dari nenek moyang mereka di masa lalu.
KEGIATAN MASYARAKAT BERGOTONG ROYONG DALAM PEMBANGUNAN GORONG-GORONG
Gotong-royong sebagai solidaritas sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat, terutama mereka yang membentuk komunitas-komunitas, karena dalam komunitas seperti ini akan terlihat dengan jelas. Gotong-royong terjadi dalam beberapa aktivitas kehidupan, seperti gotong-royong dalam bentuk kerjabakti, dilakukan untuk kepentingan bersama; gotong-royong dalam bentuk tolong menolong pada saat melakukan pesta pernikahan, atau khitanan, beberapa hari sebelum pesta akan dilakukan terjadi sumbangan dari kenalan, tetangga ataupun kerabat datang membantu dalam bentuk bahan makanan, uang, ataupun tenaga,kemudian bantuan ini harus dikembalikan minimal dengan nilai yang sama.Bahkan gotong-royong dapat pula terjadi pada saat adanya musibah ataupun kematian salah seorang warga komunitas, hal ini tidak dapat disebut kepentingan bersama ataupun kepentingan peribadi tetapi rasa kemanusiaan yang muncul di antara warga, karena musibah datangnya tidak diperhitungkan ataupun diketahui, sehingga warga yang mendapat musibah tersebut memerlukan bantuan dari warga lainnya. Gotong-royong dapat terjadi di lahan pertanian uyang berada di wilayah pedesaan berupa curahan tenaga pada saat membuka lahan sampai mengerjakan lahan pertanian, dan diakhiri di saat panen, bantuan dari orang lain seperti ini harus dikembalikan sesuai dengan tenaga yang orang lain berikan, hal ini terus menerus terjadi yang akhirnya menjadi ciri masyarakat.
WISATA PEMANCINGAN DESA BABUAL
Tempat ini juga dilengkapi Danau/kolam Pemancingan dengan luas 5.000 m2. Anak-anak atau untuk pemula dapat merasakan serunya memancing dengan memancing di danau kecil yang luasnya sekitar 40 m2 yang aman bagi anak-anak. Danau dilengkapi saung/pondok.
Danau/kolam Pemancingan sangat menarik karena terdapat ikan emas dan nila thailand yang bobotnya bias mencapai 5-9kg yaitu sejenis Thailand Cat Fish yang sekitar 30 ekor. Berbagai Ikan Super dengan bobot 2-3 kilo gram sangat banyak di Danau Pemancingan. Jumlah seluruh ikan yang dapat dipancing sekitar 500 ekor, jumlah yang cukup banyak karena.
Variasi harga yang ditawarkan dalam kegiatan memancing sangat menarik. Pengunjung dapat memilih akan memancing Sistem Kiloan yaitu hasil pancing ditimbang berdasarkan jenis dan berat ikan (Ikan Patin, Mujair, Nila, Gabus dll.) dengan kisaran harga Rp. 20.000,- s/d Rp. 40.000,- per kilo gram atau dengan sistem "Tarikan" dengan harga sekitar Rp.25.000,- s/d Rp.50.000,- per 4 jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar